Friday, July 01, 2005

liar-liar monyet


pagi-pagi begitu tami bangun, ayah suka mengajak tami 'bangunin monyet dari balkon rumah tami. nyet, bangun nyet, hari udah siang.

udah lihat monyetnya belum, itu tuh yang ada di atas kanopi. temenmu satunya lagi dimana ya? jangan-jangan lagi baca tulisan ini kekekekek kalo kurang jelas diklik dua kali aja gambarnya.

kadang monyetnya lebih rajin dari tami, pasangan itu udah bangun duluan dan dengan asyiknya main kejar-kejaran di atap rumah 'om padang'. itu tuh rumah yg dulu pernah kebakaran bagian atasnya.

di lain waktu tami liat sepasang monyet itu main di kabel telpon yg kecil untuk ukuran pijakan seekor monyet. apa ga takut jatuh nyet? ga takut dimarahi 'om telkom'?

kalo bergelantungan di pohon mangga yg ada di belakang rumah yang ti sih wajar. begitu pula di pohon jambu depan rumah Yang Ti, apalagi pas jambunya berbuah lebat, merah-merah sekali. ayah pernah dikasih yang Ti jambu berahnya, lumayan manis katanya. pantesan nyet monyet suka.

nyet, kalo dikerjain om2 depan rumah tuh suka ga sih? mereka kan suka ngasih pisang, jeruk, roti atau apa aja di tembok biar monyet ambil. pas dikasih pisang sih sering dimakan, tapi kenapa yg lain ga dimakan?

karena rumah Yang Ti di pinggir kali Ciliwung, dan belakang rumahnya masih banyak pepohonan monyetnya betah. biar tetep betah, pohon-pohonnya tolong dijaga ya, jangan ditebangi. biar lerengnya juga tidak longsor, kalo longsor kan rumah tami bisa kebanjiran. nauzubillahi min dzalik.

kata ayah, di ciliwung situ, masih cukup banyak satwa liar seperti biawak misalnya. sayangnya ada juga yg memburu biawak2 itu. kesian dech biawak....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home